Saturday, April 20, 2013

-Apa Sih Global Warming Itu?-

Global Warming (Pemanasan Global) merupakan masalah yang serius. Dampak yang ditimbulkan dapat
berupa mencairnya bongkahan es di kutub sehingga mengakibatkan naiknya tinggi permukaan air laut. Selain itu suhu udara di atas pemukaan bumi juga semakin meningkat. Hal ini juga dapat menyebabkan perubahan suhu dan iklim di dunia. Akibat global warming, suhu yang semula dapat ditoleransi oleh manusia akan berubah panas secara bertahap. Diperkiranakan di daerah tertentu suhunya tidak cocok untuk tempat tinggal manusia.

Global warming disebabkan oleh efek rumah kaca di lapisan atmosfer. Lapisan yang terdiri dari bahan sisa pembakaran tidak sempurna ini (CO, CO2) dan CFC akan berkumpul di lapisan tertentu. Gas ini tidak dapat terurai di udara. Dalam keadaan normal, cahaya matahari ini sebagian akan diserap dan sebagian besar akan dikembalikan menembus lapisan atmosfer. Dengan kata lain suhu di permukaan bumi relatif stabil dalam keadaan normal. Berbeda apabila terbentuk lapisan pembentuk global warming. Lapisan ini akan menangkap cahaya matahari yang semula akan keluar agar tetap berada di atas permukaan bumi. Dengan kata lain cahaya matahari (beserta panasnya) akan terus terperangkap di dalam permukaan bumi.

Terdapat salah tafsir antara ”efek rumah kaca” dengan ”rumah kaca”(glass house). Masyarakat masih banyak menganggap bahwa terjadinya global warming di sebabkan oleh rumah kaca (glass house) dalam pertanian. Yang dimaksud efek rumah kaca adalah efek/sistematika pemanasan sama dengan proses yang terdapat pada glass house pada pertanian. Dalam pertanian glass house dimaksudkan agar suhu tanaman di dalamnya terkontrol. Cahaya matahari akan terperangkap di dalam ruangan dan terus dipantulkan oleh kaca. Sedangkan efek rumah kaca pada global warming diibaratkan mahluk hidup sebagai tanaman di dalam glass house, dan lapisan udara tercemar sebagai kaca. Jadi tidak ada hubungan antara banyaknya rumah kaca dengan pemanasan global.

Usaha yang dapat dilakukan diantaranya menanam pohon di lahan kosong. Karena hanya pohon yang berperan besar dalam proses pencegahan global warming. Upaya lain yang bisa membantu yaitu dengan menghentikan penggunaan CFC dan menggunakan bahan bakar alternatif non fosil. Pencegahan global warming dapat terasa dampaknya apabila dilakukan mulai sekarang.
Blogger Wordpress Gadgets